Material

Perbedaan Antara Kontraktor dan Pemborong Bangunan Jakarta

Pengerjaan pembangunan rumah tidak mungkin akan dilakukan sendiri oleh anggota keluarga pemilik rumah. Walaupun tidak mustahil juga yang memanfaatkan bantuan keluarga besarnya. Namun, seperti itu seperti tradisi lama. Kini telah banyak jasa pembangunan untuk rumah maupun bangunan yang lain seperti kontraktor maupun pemborong bangunan Jakarta.

Jasa untuk melaksanakan kontruksi bangunan kini bisa dipesan dan didapatkan dengan mudah, salah satunya melalui sosial media. Jasa pemborong bangunan Jakarta memberikan kemudahan kepada para calon kliennya yakni bisa dihubungi baik secara online maupun langsung datang ke kantornya untuk berkonsultasi secara langsung.

Perbedaan dari kontraktor bangunan dan pemborong bangunan Jakarta

Saat ini jasa untuk pembangunan rumah, baik kontraktor maupun jasa pemborong bangunan yang semakin menjamur di masyarakat. Dari jumlahnya yang sangat banyak, banyak masyarakat yang sering menganggap dan menilai sama antara kontraktor dengan pemborong bangunan Jakarta.

Memang keduanya memiliki persamaan yakni dalam tawaran jasanya pembangunan rumah. Namun terdapat beberapa perbedaan antara keduanya, antara lain sebagai mana di bawah ini.

  1. Kontraktor Bangunan
    Perbedaan antara kontraktor bangunan dengan pemborong bangunan Jakarta bisa dilihat pertama dari maknanya. Makna kontraktor berasal dari kata kontrak yang memiliki arti kesepakatan kontrak serta surat perjanjian yang berkaitan dengan sebuah proyek.
    Kontraktor memang sering diartikan sama dengan pemborong bangunan. Kontraktor sesungguhnya merupakan suatu badan usaha atau badan hukum yang disewa guna dimanfaatkan jasanya untuk pengerjaan proyek yang sesuai dengan penjanjian kesepakatan kedua belah pihak dalam kontrak yang telah dibuat.
    Adapun pelaksanaan proyek dibatasi oleh beberapa hal yang meliputi:
  2. Waktu penyelesaian dari pengerjaan proyek
  3. Biaya pengerjaan proyek
  4. Detail pekerjaan dalam pengerjaan proyek yang harus dilaksanakan.

Proyek yang dikerjakan oleh kontraktor biasanya tidak hanya sebatas pembuatan bangunan rumah, akan tetapi juga bangunan dengan skala besar yang meliputi bangunan gedung perkantoran, jalan raya, mall, bandara, pelabuhan dan sebagainya.
Pekerjaan kontraktor sedikit banyak mempunyai resiko yang cukup tinggi. Pasalnya, jenis pekerjaan yang terkait dengan kontrak ini, jika terdapat kegagalan dalam penyelesaian proyek melebihi waktu tenggat kontrak, akan mendapatkan denda ataupun sanksi.
Maka, menjadi seorang kontraktor haruslah memiliki keahlian yang professional serta bertanggung jawab agar kontak proyeknya bisa terselesaikan dengan baik dan maksimal.

  • Pemborong Bangunan Jakarta
    Berbeda dengan kontraktor bangunan, pemborong bangunan Jakarta adalah penyedia jasa yang dapat dimanfaatkan suatu proyek konstruksi bangunan maupun untuk renovasinya saja. Jika kontraktor berbadan hukum, pemborong bangunan tidak memiliki izin resmi hitam di atas putih, melainkan hanya melalui lisan saja.
    Adapun skala bangunan yang bisa ditangani oleh pemborong bangunan Jakarta lebih kecil jika dibandingkan dengan kontraktor. Dengan begitu budget yang dikeluarkan pun juga tidak sebanyak untuk penyewaan kontraktor.
    Hanya, jika menggunakan pemborong bangunan yang tidak ada izin resminya hitam di atas putih akan menimbulkan beberapa kekurangan yakni terjadinya kecurangan, kesalahpahaman, hingga penipuan yang pada akhirnya pemilik rumah yang menyewa jasanya tidak bisa mengajukan tuntutan ke pengadilan.

Itulah perbedaan antara kontraktor dengan jasa pemborong bangunan Jakarta, Anda bisa bebas memilih penggunaan keduanya tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda. Silahkan hubungi kami di https://bangunrumahyuk.com/

renovasi rumah di Bekasi terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *