renovasi rumah tingkat terbaik
Material

Pentingnya Cek Struktur Bangunan Saat Ingin Renovasi Rumah Tingkat

Tahukah Anda bahwa cek struktur bangunan merupakan hal yang wajib dilakukan saat ingin renovasi rumah tingkat? Anda tidak boleh mengabaikan aktivitas satu ini pasalnya, struktur bangunan bawah yang akan ditingkat nantinya sangat mempengaruhi kekuatan bangunan di atasnya. Lantas, seperti apa cara cek struktur bangunan saat ingin renovasi rumah tingkat yang benar? Simak selengkapnya di bawah ini!

Cek Struktur Bangunan untuk Renovasi Rumah Tingkat

                Menentukan layak atau tidaknya sebuah bangunan untuk ditingkat sebenarnya perlu ketelitian yang dalam. Untuk itu, jika ingin mendapatkan hasil pengecekan yang tepat dan lebih teliti Anda bisa bekerja sama dengan jasa renovasi rumah tingkat. Namun, beberapa cara cek di bawah ini juga bisa Anda terapkan.

Cek kekuatan fondasi

Pertama, Anda bisa mengecek kekuatan fondasi bangunan dengan memilih bagian atau lokasi yang mudah digali. Selanjutnya, lakukan penggalian dengan lebar 50 cm pada bagian luar bangunan. Jika kiranya Anda menjumpai fondasi yang tidak dapat menahan beban bangunan tingkat maka Anda dapat menambah fondasi tersebut dengan tulangan besi.

Jika tidak, Anda bisa menambahnya dengan membuatkan fondasi pendukung tambahan. Fondasi pendukung ini dapat Anda pasang bersisian pada fondasi utama. Anda bisa membuatnya dengan tinggi 90 cm serta lebar 20 hingga 30 cm.

Agar proses dapat berlangsung dengan lebih cepat, maka Anda dapatmenambahkan pondasi pada titik-titik pertemuan fondasi dengan kolom struktur. Hanya saja, ketebalan fondasi perlu ditambah 20 cm serta kedalamaannya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi tanah.

Selanjutnya cek kelayakan kolom

Anda bisa memulainya dengan mencari posisi kolom yang lebih bebas. Anda bisa memakai alat pahat beton juga untuk menguji kekuatannya. Jika saat dipahat beton tersebut masih tetap kuat dan keras maka dapat dipastikan bahwa pondasi tersebut masih layak digunakan untuk bangunan bertingkat.

Jangan lupa juga cek jumlah tulangan besi yang ada pada kolom. Paling tidak terdapat 6 tulangan besi dengan ukuran 12 mm untuk menahan beban tingkat yang ingin digunakan. Dengan begitu, nantinya Anda dapat memperoleh struktur utama yang tetap kokoh.

Apabila Anda mendapati kolom yang sudah rusak, maka bongkarlah dan buat saja kolom yang baru. Anda bisa menggunakan dimensi kolom utama untuk rumah 2 lantai dengan ukuran 20×20 cm. Akan tetapi, agar hasil lebih memuaskan maka tanyakan saja pada jasa renovasi rumah yang berpengalaman.

Cek juga kondisi ring balk

Anda juga perlu mengecek kondisi ring balk. Caranya dengan menggunakan pahat beton untuk mengetes kelayakannya. Jika kondisinya masih keras maka Anda bisa menggunakannya untuk renovasi rumah tingkat. Akan tetapi, tetap perhatikan seperti apa ketebalan ring balk tersebut. Apakah sudah sesuai dengan lebar bentangan atau belum.

Untuk ukuran ring balk sendiri paling tidak berukuran 15×20 cm dengan tulangan utama yang memiliki begel 8 mm serta diameter 10 mm. Jika Anda mendapati ukuran yang kurang sesuai, maka tambahkan saja ketebalan balok tersebut. Atau Anda juga bisa mengganti dengan balok baru.

Jangan sampai renovasi rumah tingkat yang sudah dilakukan nantinya ambruk seketika karena melakukan kesalahan vatal, yakni tidak melakukan pengecekan struktur bangunan seperti di atas. Kalau hal ini sampai terjadi, maka tidak hanya materi saja yang rugi. Akan tetapi keselamatan dan nyawa Anda dan keluarga juga ikut terancam. Segera hubungi kami di https://bangunrumahyuk.com/

renovasi rumah tingkat terbaik

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *