renovasi rumah 2 lantai terbaik
Material

Ingin Renovasi Rumah Jadi 2 Lantai Tanpa Menambah Pondasi? Terapkan Cara Berikut

Saat memiliki rumah, terkadang ada saja ruangan yang kurang. Entah itu anak yang membutuhkan kamar tidur pribadi, kamar gudang untuk penyimpanan barang bekas, dan lain sebagainya. Namun, Anda tidak perlu menyesali kurangnya ruangan dalam rumah tersebut. Anda bisa memilih solusi berikut yakni dengan merenovasi rumah jadi 2 lantai.

                Saat Anda ingin membangun rumah menjadi dua lantai, pernahkah Anda berpikir seperti apa cara mewujudkannya tanpa menambah pondasi? Kenyataannya, terdapat beberapa cara renovasi rumah jadi 2 lantai meski dengan tanpa menambah pondasi lantai rumah. Bagi Anda yang masih awam tentang cara tersebut, ketahui cara selengkapnya di bawah ini!

Cara Renovasi Rumah Jadi 2 Lantai Tanpa Menambah Pondasi

                Bagi Anda yang ingin mengubah rumah menjadi dua lantai tanpa menambah fondasi maka perhatikan dulu keadaan struktur bagian bawah bangunan. Pasalnya, apabila struktur bangunan bagian bawah tidak kuat bisa saja ambruk dan justru merugikan. Di bawah ini beberapa gambaran apabila Anda berniat untuk renovasi rumah jadi 2 lantai tanpa menambah pondasi namun tetap aman.

Gunakan pelat lantai GRC

Untuk membangun pondasi rumah tingkat dua sangat penting memperhatikan caranya agar nantinya benar-benar kuat saat digunakan. Oleh karena itu, agar renovasi rumah jadi 2 lantai tanpa pondasi lebih aman maka Anda bisa menggunakan pelat lantai GRC (Glassfiber Reinforced Cement). Bahan satu ini digunakan untuk membuat ruangan baru hanya saja tetap tidak menambah beban pada pondasi rumah.

GRC sendiri merupakan salah satu bahan ringan yang terbuat dari campuran pasir, glassfiber, dan semen. Pelat lantai GRC sendiri memiliki banyak ukuran yang bisa Anda pilih, seperti 15 mm. Untuk jenis rangka pada pelat lantai tersebut, Anda bisa memilih rangka yang terbuat dari kayu. Nantinya, glasfiber pada GRC tersebut yang akan menggantikan fungsi tulang utama yang umumnya terbuat dari beton.

Untuk susunan material GRC dengan bahan tersebut di atas, maka Anda bisa membuat lantai tambahan tanpa perlu menambah beban berat dari pondasi sebelumnya. Tentu saja, pemakaian GRC ini sangatlah menguntungkan. Terlebih Anda bisa memasangnya dengan lebih cepat.

Untuk renovasi dinding, pakai gypsum

Saat Anda telah menemukan bahan yang sesuai untuk pondasi lantai kedua, maka Anda bisa juga merenovasi dinding menggunakan gypsum. Bahan yang satu ini terbilang cukup kuat untuk dinding. Pasalnya, apabila Anda renovasi rumah jadi 2 lantai menggunakan batu bata maka akan tetap menambah beban pondasi yang ada. Belum lagi penggunaan batu bata yang kerap memerlukan besi dan semen untuk membuat akar bangunan.

Anda bisa memilih gipsum sebagai alternatifnya yang dapat dipasang dengan sangat mudah. Terlebih dinding gipsum sendiri sangatlah ringan. Anda juga bisa memasangnya langsung menggunakan panel. Hanya saja, Anda perlu menggunakan dua dinding gipsum pada sisi tengahnya yang diisi dengan glasswoll sehinga bisa menjadi alat peredam uara. Namun tentu saja, renovasi ini sangat cocok jika Anda ingin menambah kamar tidur di lantai atas.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat ingin renovasi rumah jadi 2 lantai meski tanpa menambah pondasi. Segera hubungi kami di https://bangunrumahyuk.com/

renovasi rumah 2 lantai terbaik

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *