renovasi rumah dua lantai terbaik
Material

Hendak Merenovasi Rumah Dua Lantai? Perhatikan Dulu Estimasi Biayanya

Apakah Anda sedang berencana untuk merenovasi rumah? Saat berniat merenovasi rumah ada baiknya Anda mempertimbangkan betul berapa estimasi biayanya. Pasalnya, perencanaan biaya awal untuk merenovasi rumah dua lantai akan sangat berpengaruh pada hasil beserta pengerjaan renovasi rumah nantinya.

                Apabila Anda memiliki biaya perkiraan atau estimasi renovasi rumah yang baik maka Anda dapat merencanakan pengerjaan yang lebih berkualitas dengan  hasil sesuai harapan. Lantas, bagaimana cara menghitung estimasi biaya renovasi rumah dua lantai tersebut? Simak cara selengkapnya di bawah ini!

Cara Menghitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah Dua Lantai

                Sebenarnya, dalam menghitung biaya renovasi rumah dua lantai tergantung dari metode yang dipakai oleh penyedia jasa renovasi rumah itu sendiri. Untuk itu, apabila Anda ingin merenovasi rumah dengan estimasi biaya yang jelas dan juga transparan maka pilihlah jasa kontraktor yang berkualitas.

                Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jasa yang akan membantu Anda melakukan perhitungan secara transparan untuk renovasi rumah dua lantai nantinya. Di bawah ini merupakan beberapa contoh cara menghitung estimasi biaya renovasi yang bisa Anda simak!

Hitung estimasi biaya tenaga kerja

Terdapat beberapa metode pembayaran biaya tenaga kerja yang umumnya dihitung berdasarkan beberapa metode. Metode harian, katakanlah estimasi biaya Rp 175.000, maka upah tersebut belum termasuk biaya material bangunan renovasi yang nantinya digunakan.

Kemudian metode jasa borongan, estimasi renovasi sekitar Rp 900.000 sampai Rp 1.500.000 per meter persegi. Tentu saja upah ini belum termasuk dengan biaya material. Akan tetapi, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan lagi apabila pengerjaan lebih lama diselesaikan, karena perhitungan biaya didasarkan kepada luas bangunan yang ingin direnovasi.

Selanjutnya ada juga metode borongan penuh. Metode ini cukup efektif dipakai. Pasalnya, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai bahan material. Pihak jasa borongan penuh akan mengerjakan dan menyiapkan material yang digunakan untuk renovasi rumah dua lantai. Anda hanya perlu memberikan spesifikasi material yang diinginkan.

Akan tetapi, untuk perkiraan biayanya sendiri dapat berubah-ubah. Semuanya tergantung dengan area atau spesifikasi renovasi rumah. Yang pasti estimasi biaya renovasi rumah yang mewah akan berbeda dengan rumah minimalis.

Hitung biaya material yang digunakan

Apabila Anda memilih untuk menggunakan jasa yang hanya menyediakan tenaga kerja saja, maka tentu Anda perlu melakukan perhitungan biaya material yang digunakan untuk merenovasi rumah dua lantai. Untuk biaya material ini sendiri tentu akan sangat bergantung pada kualitas dan jenis material yang dipilih. Untuk itu, jika tak mau ribet Anda bisa memilih renovasi rumah dua lantai dengan sistem borongan penuh.

Perkiraan biayanya Rp 3.700.000 sampai Rp 4.500.000 per meter persegi. Dengan biaya ini, Anda tidak perlu repot lagi menyediakan dan membeli bahan karena semua sudah dilakukan oleh penyedia jasa.

Hitung biaya tambahan dan pendukung lainnya

Dalam menghitung estimasi biaya renovasi, biasanya akan ada biaya tambahan atau pendukung lain yang perlu disertakan. Anda juga perlu menghitung biaya ini pasalnya terkadang terdapat beberapa keperluan yang bertambah ditengah-tengah pekerjaan renovasi dilakukan. Anda bisa menyiapkan tambahan biaya setidaknya 10% dari total keseluruhan biaya renovasi yang dihitung.

Itulah cara perhitungan estimasi biaya renovasi rumah dua lantai yang bisa Anda ketahui. Agar Anda dapat menghitung estimasi biaya dengan lebih tepat dan akurat tidak ada salahnya untuk merencanakan perhitungan estimasi tersebut bersama jasa renovasi secara langsung. Segera hubungi kami di https://bangunrumahyuk.com/

renovasi rumah dua lantai terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *